Bus Khusus Para Perempuan Di Surabaya

Posted by Rio Advent Chivreen On Senin, 30 April 2012 Add Comments


SAESTWO - Pemerintah Kota Surabaya merespons keluhan warganya atas kasus-kasus pelecehan seksual yang dialami wanita di angkutan umum. Hari ini, Senin 30 April 2012, Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan 13 unit bus Damri khusus perempuan.




"Dengan bus itu, pemerintah ingin memberikan rasa aman dan nyaman saat berada di atas kendaraan umum," kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Surabaya, Jawa Timur.

Tri mengakui, pengadaan bus khusus kaum hawa ini untuk mengantisipasi segala persoalan perempuan di moda transportasi umum. Tri mengambil contoh kasus-kasus kriminal dengan wanita menjadi korban angkutan umum Jakarta. Tri mengakui, kasus-kasus perkosaan dan pelecehan kerap terjadi di angkutan umum.

Hal itu berimbas pada penumpang wanita di angkutan umum Surabaya. "Di Surabaya, jumlah penumpang perempuan untuk angkutan umum semakin turun," kata Walikota yang masuk jajaran Walikota Terbaik di Dunia ini.

Risma menyebut, pengadaan bus khusus perempuan bagian dari program yang merespon kebutuhan masyarakat. Di bus khusus ini, Tri ingin benar-benar memanjakan penumpang. Semua awak bus, pengemudi dan kondektur, dilakoni perempuan. Tarif bus ini bervariasi mulai Rp2.100 sampai Rp5.000 per orang untuk sekali jalan.

Rute yang ditempuh antara lain jurusan Terminal Purabaya-Tanjung Perak, Jalan Raya Darmo. Sedangkan untuk P 2 jurusan Purabaya-Tambak Oso Wilangun dan yang lain jurusan Juanda-Tanjung Perak dan sebaliknya.

"Untuk jalur menuju Terminal Tambak Oso Wilangon misalnya, itu adalah jalur "keras." Kendaraan yang melintas besar-besar termasuk jenis truk kontainer. Itu berisiko tinggi untuk keselamatan pengendara roda dua," kata dia. (sj)

Sumber : VIVAnews

Leave a Reply

http://ledy4at.blogspot.com/. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 ARTIKEL WANITA | Haiyore! Nyaruko-san Theme | Designed by Johanes DJ